EnglishIndonesian
Scroll to top
Minggu, 28 Nov 2021,

Anugerah Entrepreneurship Award V tahun 2021 LLDIKTI Wilayah X

By Admin LLDIKTI Wilayah X 21 Okt 2021, 17:19:57 WIB Berita LLDIKTI
Anugerah Entrepreneurship Award V tahun 2021 LLDIKTI Wilayah X

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah X mengumumkan sekaligus melakukan penyerahan hadiah kepada para finalis Entrepeneurship Award V, Rabu (20/10/2021).

Dari 1.308 proposal yang masuk, 1.180 di antaranya adalah kategori proposal rencana (Business Plan) dan 128 adalah usaha berjalan (Business Innovation) yang berasal dari 74 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang ada di LLDIKTI Wilayah X.

Ketua Panitia EA V Dr. Hidayat dalam sambutannya mengatakan jumlah peserta yang mendaftar pada kegiatan EA tahun ini sebanyak 1.308 peserta, jumlahnya meningkat dibandingkan tahun lalu.

Baca Lainnya :

"Dari 1.308 proposal yang masuk, 1.180 di antaranya adalah proposal Business Plan dan 128 adalah Business Innovation yang berasal dari 74 perguruan tinggi swasta (PTS) yang ada di LLDIKTI Wilayah X" ucapnya.

Ia mengatakan dari 1.180 proposal Business Plan dipilih sebanyak 15 finalis dan dari 128 proposal Business Innovation dipilih 10 finalis hingga total ada 25 finalis yang melakukan presentasi pada hari ini.

Berdasarkan hasil penilaian juri, untuk kategori Rencana Bisnis atau Business Plan terdapat 12 pemenang harapan dan 3 juara. Juara pertama dimenangkan oleh mahasiswa dari Universitas Putera Batam, Fahmi Dzulqarnain.

Sedangkan untuk kategori Usaha Berjalan atau Business Innovation terdapat 7 pemenang harapan dan 3 juara. Juara pertama berhasil dimenangkan oleh mahasiswa dari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bangkinang, Boby Gustianto.

Untuk juara pertama mendapatkan hadiah sebesar 25 juta rupiah, juara kedua mendapatkan hadiah 15 juta rupiah dan juara tiga mendapatkan hadiah sebesar 9,5 juta rupiah.

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr. Herri, MBA mengatakan sejak lima tahun lalu LLDIKTI Wilayah X bekerja sama dengan PTS menyelenggarakan Entrepeneurship Award untuk mahasiswa yang mempunyai bisnis maupun rencana bisnis.

"Tujuannya adalah untuk menebarkan bibit-bibit enterpreneur kepada mahasiswa dengan harapan setelah lulus mereka memiliki karakter kewirausahaan ataupun langsung menjalankan bisnis itu sendiri," ucap Kepala Lembaga.

Menurut Prof. Herri, dengan adanya entrepreneur muda ini, diharapkan Indonesia bisa memproduksi barang dan jasa untuk masyarakat maupun menjadi komoditi ekspor. Selama ini karena kurangnya enterpreneur, berdampak meningkatnya impor atau menggunakan barang dan jasa dari negara lain.

"Ini menjadi sebuah tantangan bagi kita bersama untuk memenuhi kebutuhan baik barang maupun jasa serta meningkatkan kesejahteraan. Jika pengusaha muda bermunculan, akan banyak produksi barang maupun jasa yang dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri dan menjadi komoditi ekspor, kata Prof. Herri.

Kepala Lembaga berharap dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan karakter mahasiswa yang terpuji, kreatif, inovatif, jujur, dan mau menanggung resiko serta memiliki kemampuan komunikasi.

Pengarah EA Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS dalam sambutannya mengungkapkan kebahagiaannya dengan antusiame peserta yang meningkat setiap tahunnya. Selain itu, program ini juga sejalan dengan program pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam menciptakan wirausaha muda.

“Untuk itu, mari kita dukung terus program kewirausahaan ini dalam mendorong mahasiswa menjadi pribadi yang berjiwa entrepreneur. Saat lulus nanti, mahasiswa kita tidak khawatir dengan keterbatasan lapangan kerja karena sudah mampu menciptakan lapangan kerja sendiri,” ucap Prof. Musliar.

Sementara itu, Rektor Universitas Bung Hatta, Prof. Dr. Tafdil Husni, MBA selaku tuan rumah pelaksaan EA V tahun 2021 mengatakan peserta lomba terus meningkat dari tahun ke tahun, pada tahun lalu jumlah peserta 1.165 sedangkan tahun ini meningkat menjadi 1.308 peserta.

"Hal ini berkat dukungan LLDIKTI Wilayah X dan berbagai pihak. Semoga kegiatan ini dapat kita pertahankan. Kita menyadari bahwa pertumbuhan ekonomi itu sangat didukung sekali oleh adanya entrepreneur," ujar Prof. Tafdil.

Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek Prof. Ir. Nizam, M.Sc., DIC, Ph.D., IPU, Asean Eng. dalam sambutannya secara daring turut mengapresiasi penyelenggaran Entrepreneurship Award oleh LLDIKTI Wilayah X yang kelima, berturut-turut sejak tahun 2017.

“Selamat atas penyelenggaraan Entrepreneurship Award yang kelima. Sebuah upaya yang kreatif dan inovatif dalam mewujudkan generasi emas Indonesia. Teruslah maju membangun negeri berkreasi dan berinovasi,” tutup Prof. Nizam. (*)




Tulis Komentar di Facebook

Kirim Komentar dari account Facebook

Lihat Komentar

Tulis Komentar Anda