EnglishIndonesian
Scroll to top
Senin, 26 Jul 2021,

Kepala LLDIKTI Wilayah X Dorong Mahasiswa Jadi Entrepreneur

By Admin LLDIKTI Wilayah X 22 Jun 2021, 09:38:07 WIB Berita LLDIKTI
Kepala LLDIKTI Wilayah X Dorong Mahasiswa Jadi Entrepreneur

Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr. Herri, MBA didampingi Ketua APTISI Provinsi Kepulauan Riau Dr. Mustaqim mensosialisasikan kompetisi kewirausahaan, Entrepreneurship Award V tahun 2021 di Batam, Rabu, (16/6/2021).

Awalnya, tahun 2017 Prof. Herri dan Pengarah  Entrepreneurship Award Prof. Musliar Kasim menginisiasi kompetisi kewirausahaan bagi mahasiswa di lingkungan LLDIKTI Wilayah X (Sumbar, Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau). Tahun ini merupakan penyelenggaraan yang kelima dengan Universitas Bung Hatta sebagai tuan rumahnya.

Orientasinya adalah, kita menginginkan lulusan perguruan tinggi saat lulus nanti tidak hanya berorientasi menjadi Aparatur Sipil Negara, akan tetapi lulusan yang mampu menciptakan lapangan kerja.

Baca Lainnya :

Ini merupakan tujuan utama penyelenggaraan Entrepreneurship Award. Pertama, daya serap bekerja sebagai ASN sangat terbatas, sementara yang memerlukan pekerjaan jumlahnya sangat banyak.

Kedua, Indonesia memiliki sumberdaya yang sangat banyak. Ada di laut, ada di hutan, ada di bidang pertambangan, dan lain-lain. Di sisi lain, kebutuhan masyarakat pun sangat banyak di bidang barang dan jasa. Siapa lagi yang akan menjadi pengelola semua itu kalau bukan generasi muda kita.

Demikian disampaikan Prof. Herri dalam dialog khusus tentang Entrepreneurship Award V di Batam TV.

Lebih lanjut, Kepala LLDIKTI Wilayah X mengatakan bahwa menjadi suatu kebanggaan bagi kita bersama pada saat mahasiswa kita mampu mengelola sumberdaya yang ada dan menjadi pengelola serta penyedia kebutuhan baran dan jasa masyarakat. Milenial yang berpikir entrepreneur.

‚ÄúSebuah kebanggan bagi kita semua, pada saat generasi muda, lulusan PTS LLDIKTI Wilayah X mampu mengelola dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Selain itu, berwirausaha juga mampu menyerap tenaga kerja. Jadi, tidak melulu orientasinya menjadi ASN. Kompetisi ini juga wadah mengembangkan karakter, bekerja sama, berjiwa dan berpikir entrepreneur serta menjalin network,‚ÄĚ kata Prof. Herri.

Di Indonesia, menurut Prof. Herri faktanya masih sangat terbatas generasi muda yang menjadi pengusaha. Untuk itu, mulailah berwirausaha sejak menjadi mahasiswa. Jangan tunggu lulus kuliah.

Kepala Lembaga mengatakan peluncuran Entrepreneurship Award V sudah dilaksanakan pada tanggal 7 April 2021 secara daring dan luring di Universitas Bung Hatta. Sekarang, mahasiswa di lingkungan LLDIKTI Wilayah X sudah dapat mengirimkan proposal hingga 7 Juli 2021. Tahapan penilaian dilaksanakan pada tanggal 8 sampai dengan 25 Juli 2021. Hasilnya akan diumumkan pada 28 Juli 2021. Peserta yang lolos akan mempresentasikan gagasan mereka tanggal 25 Agustus 2021 dan pengumuman pemenangnya pada tanggal 26 Agustus 2021. Total hadiah sebesar 125 juta rupiah.

‚ÄúSaya mengimbau agar pimpinan PTS mendorong, mendukung, dan menggerakkan mahasiswa untuk berfikir dan menumbuhkan semangat berwirausaha lewat ide kreatif dan inovatif. Ikuti setiap kategori yang dilombakan dan menjadi pemenang pada setiap kategori, yaitu renca bisinis dan usaha berjalan. Mari bersama kita sukseskan Entrepreneurship Award V yang juga menjadi bagian implementasi program kampus merdeka,‚ÄĚ kata Prof. Herri.

Sementara itu, Dr. Mustaqim menjelaskan bahwa di Kepulauan Riau sudah menyiapkan peserta. Jumlahnya sekitar 70 persen di bidang rencana bisnis dan 30 persen pada kategori usaha berjalan. Pimpinan PTS sudah siap mendampingi mahasiswa dalam penyempurnaan proposal bisnis dan usaha yang sedang berjalan. 

Pada kesempatan tersebut, Pengarah Entrepreneurship Award V Prof. Dr. Musiar Kasim melalui telewicara menyampaikan apresiasi kepada LLDIKTI Wilayah X sebagai satu-satunya penyelenggara kompetisi kewirausahaan di LLDIKTI seluruh Indonesia. Gagasan LLDIKTI Wilayah X yang menjadi program nasional.

Prof. Musliar berharap pengusaha masa depan itu hendaknya adalah orang terpelajar. Anak muda yang berasal dari PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah X. Mahasiswa yang mau merintis usaha sejak masih studi dan terus berinovasi mengembangkan ide kreatif.

‚ÄúAjang Entrepreneurship Award ini merupakan wadah pembelajaran. Bersama, kita bisa melihat bagaimana upaya dalam merintis usaha dan mengembangkan bisnis. Percayalah, lebih enak jadi pengusaha,‚ÄĚsebut Prof. Musliar.

Tuan rumah Entrepreneurship Award V, Rektor Universitas Bung Hatta Prof. Dr. Tafdil Husni, MBA lewat sambungan telepon menyampaikan harapanya agar partisipasi mahasiswa PTS di lingkungan LLDIKTI Wilayah X yang ikut Entrepreneurship Award V meningkat dari tahun lalu.

“Setelah launching Entrepreneurship Award V, panitia telah melaksanakan pembekalan penulisan proposal kewirausahaan. Ini bagian dari upaya meningkatkan minat mahasiswa untuk berpartisipasi serta memahami kaidah penulisan proposal.

Ini kesempatan yang sangat bagus. Ajang yang sangat bergengsi. Mahasiswa bisa terlibat dalam proses bisnis serta membangun jiwa entrepreneurship. Manfaatnya tidak hanya di bidang bisnis saja. Jiwa entrepreneurship juga dibutuhkan pada bidang lain. Disiplin, kreatifitas, kerja keras, inovatif dan tanggung jawab menjadi karakter yang harus dimiliki oleh lulusan perguruan tinggi,‚ÄĚ tutup Prof. Tafdil. (*)




Tulis Komentar di Facebook

Kirim Komentar dari account Facebook

Lihat Komentar

Tulis Komentar Anda