Home Berita PT LEMBAGA INOVASI INSTITUT KESEHATAN MITRA BUNDA BATAM IKUT SERTA DALAM PENANGGULANGAN WABAH COVID-19

LEMBAGA INOVASI INSTITUT KESEHATAN MITRA BUNDA BATAM IKUT SERTA DALAM PENANGGULANGAN WABAH COVID-19

648
0
SHARE
LEMBAGA INOVASI INSTITUT KESEHATAN MITRA BUNDA BATAM IKUT SERTA DALAM PENANGGULANGAN WABAH COVID-19

Berdasarkan arahan Rektor Institut Kesehatan Mitra Bunda, dr. H. Mawardi Badar, MM, Institut Kesehatan Mitra Bunda melalui Lembaga Inovasi Institut Kesehatan Mitra Bunda turut serta dalam upaya penggulangan wabah Covid-19. Lembaga Inovasi Institut Kesehatan Mitra Bunda Batam memproduksi hand sanitizer dan membagikan ke beberapa Puskesmas di Kota Batam. 

Hal ini dilakukan untuk membantu mencegah penyebaran virus corona, khususnya di Puskesmas. Seperti yang diketahui bahwa menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat  (PHBS) seperti mencuci tangan meggunakan sabun dan air mengalir dengan teratur, dan menggunakan antiseptik yang mengandung alkohol merupakan salah satu cara untuk memutuskan mata rantai penyebaran COVID-19.

Hand sanitizer diproduksi dan didistribusikan oleh tim inovasi Institut Kesehatan Mitra Bunda ke beberapa puskesmas di Kota Batam, diutamakan puskesmas yang wilayahnya memiliki kasus positif Covid-19 dan/atau yang wilayahnya padat penduduk. Setiap puskesmas mendapatkan 5 liter hand sanitizer yang diproduksi sesuai dengan prosedur dan formula standar WHO. Kegiatan pendistribusian ke puskesmas sasaran dilakukan pada tanggal 3 April 2020.

Kami berharap dengan adanya bantuan hand sanitizer ke beberapa puskesmas di Kota Batam ini dapat memutus mata rantai penularan Covid-19 di pelayanan kesehatan, khususnya di puskesmas sasaran, dan juga sebagai bentuk tanda terima kasih serta dukungan kami kepada tenaga medis yang berjuang sebagai garda terdepan pemberantasan Covid-19.

Mengingat bahwa ketersediaan bahan baku dan kemasan yang terbatas, tim inovasi Institut Kesehatan Mitra Bunda belum dapat mendistribusikan ke masyarakat terutama masyarakat sekitar kampus. Oleh sebab itu, kami mengimbau agar masyarakat mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, menggunakan masker apabila beraktivitas di luar rumah, serta mengikuti imbauan pemerintah untuk menerapkan physical distancing. (Batam, 07 April 2020.  Lembaga Inovasi Institut Kesehatan Mitra Bunda).