EnglishIndonesian
Scroll to top
Kamis, 28 Jan 2021,

LLDIKTI Wilayah X Selenggarakan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah

By Admin Web 04 Des 2020, 08:18:15 WIB Berita LLDIKTI
LLDIKTI Wilayah X Selenggarakan Workshop Penulisan Artikel Ilmiah

Menulis artikel ilmiah, tidak bisa lepas dari kehidupan seorang dosen. Karena itu, kemampuan menulis artikel ilmiah menjadi kemampuan yang mutlak harus dimiliki. Nantinya, artikel tersebut akan dituangkan dalam bentuk publikasi di jurnal baik nasional maupun internasional berdasarkan penelitian yang dilakukan.

Untuk meningkatkan kemampuan menulis serta publikasi artikel ilmiah dosen pada jurnal nasional maupun internasional, LLDIKTI Wilayah X mengadakan workshop penulisan artikel ilmiah yang diikuti dosen PTS di Provinsi Jambi.

Demikian disampaikan Kabag Akademik dan Kemahasiswaan Ely Susanti, SE, MM mewakili Plt. Kepala LLDIKTI Wilayah X Yandri. A, SH, MH dalam sambutannya, Senin (30/11/2020).

Baca Lainnya :

Kabag Akademik dan Kemahasiswaan mengatakan kegiatan ini terselenggara sebagai bentuk kerja sama dari Forkomawa Jambi yang ingin meningkatkan mutu dosen di bidang penulisan artikel ilmiah untuk publikasi jurnal nasional.

“Diharapkan, dosen di Jambi semakin meningkat kualitas dan skill dalam menulis artikel ilmiah serta meningkatkan publikasi mereka baik di jurnal nasional seperti SINTA 1-6 maupun di jurnal internasional,” kata Ely.

Sementara itu, Prof. M. Yahya selaku salah satu narasumber menjelaskan bahwa artikel ilmiah berguna dalam pengisian Laporan Kinerja Dosen (LKD), usulan kenaikan jabatan akademik, dan rekam jejak dosen.

Pada kesempatan tersebut, Prof. Yahya mengungkapkan bagaimana tips dan trik dalam penulisan artikel ilmiah. Hal ini disampaikan guna memotivasi dan meningkatkan kemampuan dosen dalam menulis artikel ilmiah.

Selain teknik penulisan, guru besar Institut Teknologi Padang itu juga menyampaikan beberapa sumber pencarian jurnal dan artikel nasional seperti SINTA, DOAJ, Google Scholar, dan Garuda Ristekbrin.

Selain Prof. Yahya, tampil sebagai narasumber yang sarat pengalaman terkait penulisan artikel ilmiah seperti Prof. Dr. Hendra Suherman, ST, MT, Ir. Krismadinata, MT, Ph.D, Prof. Dr. Afrizal, MA, Prof. Dr. Ratni Prima Lita, SE, MM, Hafiz Rahman, SE, MSBS, Ph.D, dan Dr. dr. Ilmiawati, dan Yohandi, S.Si, M.Si, Ph.D.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan secara daring itu, peserta workshop dibagi dalam 4 kelompok bidang ilmu yaitu Eksakta, Sosial Humaniora, Kesehatan, dan Pendidikan.

“Setelah workshop ini, akan dilanjutkan dengan kegiatan klinik konsultasi penulisan artikel ilmiah. Narasumber akan membahas tuntas artikel yang dibuat peserta dan diharapkan dapat terbit pada jurnal nasional, tutup Ely. (*PY)




Tulis Komentar di Facebook

Kirim Komentar dari account Facebook

Lihat Komentar

Tulis Komentar Anda