Home Berita LLDIKTI Workshop Publikasi Jurnal Internasional

Workshop Publikasi Jurnal Internasional

467
0
SHARE
Workshop Publikasi Jurnal Internasional

LLDIKTI Wilayah X menyelenggarakan Workshop Publikasi Jurnal Internasional secara daring bagi dosen PTS, Selasa (4/8/2020).

Kepala LLDIKTI Wilayah X, Prof. Dr. Herri, MBA mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan dosen dalam menulis artikel agar bisa dipublikasikan pada jurnal internasional.

“Kegiatan ini dirancang untuk meningkatkan kemampuan menulis dosen agar publikasi di jurnal internasional jumlahnya bisa meningkat. Selain itu, kemampuan menulis sebagai bagian dari proses penelitian, sangat diperlukan dosen sebagai penggerak pendidikan dalam memberikan kontribusi melalui hasil penelitian dan mendiseminasikannya lewat jurnal ataupun media lainnya. Sayangnya, sebagian ilmuan tidak memberikan kontribusi apa-apa,” kata Prof. Herri.

Kepala Lembaga mengatakan dosen sebagai ilmuan harus terbiasa dalam menulis artikel. Tidak hanya sebagai syarat untuk kenaikan pangkat. Akan tetapi, dosen juga harus memberikan sumbangsih keilmuannya dalam menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat

Lebih lanjut, Prof. Herri berharap Workshop Publikasi Jurnal Internasional bisa berjalan dengan efektif serta efisien. Pada kegiatan ini, semua artikel peserta setelah di-review narasumber dan diperbaiki diharapkan dapat dikirim dan dimuat pada jurnal internasional.

Selanjutnya, menurut Prof. Herri ada beberapa kriteria pada jurnal internasional bereputasi. Sebuah artikel ilmiah harus ditulis dengan memenuhi kaidah ilmiah dan akademik. Selain ISSN, artikel ditulis dengan menggunakan bahasa resmi PBB (Arab, Inggris, Perancis, Rusia, Spanyol, dan Tiongkok).

Perhatikan juga alamat jurnal. Jurnal internasional bereputasi harus bisa diakses secara daring. Jumlah artikel setiap penerbitan wajar dan format tampilan setiap terbitan tidak berubah-ubah. Tidak pernah ditemukan sebagai jurnal yang tidak bereputasi atau meragukan oleh Ditjen Dikti.  

Pada kesempatan tersebut, sebanyak 86 dosen PTS dari bidang ilmu sosial, eksakta, dan kesehatan ikut sebagai peserta Workshop Publikasi Jurnal Internasional. Draf artikel menjadi syarat wajib keikutsertaan.

Narasumber workshop merupakan dosen yang ahli pada bidang masing-masing. Di bidang eksakta dipandu oleh Prof. Dr. M. Yahya, M.Sc, bidang sosial dengan Prof. Dr. Ratni Primalita, SE, MM serta bidang kesehatan bersama Prof. Dr. Rizanda Machmud, M.Kes dan Dr. Ilmiawati. S.Ked.

Prof. Dr. M. Yahya, M.Sc mengatakan seorang dosen memiliki kewajiban dalam mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Untuk itu, dalam menulis kita harus memiliki motivasi, yaitu terus belajar (membaca dan menulis) untuk menjadi pemilik masa depan.

Saat ini kata Prof. Yahya yang menjadi trending topic di perguruan tinggi adalah jurnal internasional, Scopus, web of science, SJR, Impact Factor, dan Scimago. Semua hal tersebut berkaitan dengan publikasi artikel ilmiah.

Untuk sukses dalam publikasi, Guru besar Institut Teknologi Padang itu menjelaskan setidaknya ada dua hal penting yang perlu diketahui peneliti dalam publikasi dan penulisan artikel ilmiah. Dosen perlu mengetahui nama jurnal internasional untuk submit artikel dan artikel jurnal internasional yang bisa dijadikan sebagai rujukan untuk mendapatkan keterbaruan serta research gap dari sebuah penelitian maupun tulisan. 

“Dua hal ini, perlu diketahui dosen dalam publikasi artikel sehingga hilirisasi riset bisa optimal. Dampaknya, selain artikel sukses terbit pada jurnal internasional juga dapat membantu peneliti lain dalam melakukan riset. Selain sitasi peneliti lain, hasil riset tersebut juga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” ucap Prof. Yahya.

Workshop Publikasi Jurnal Internasional diselenggarakan dalam dua tahapan. Pelatihan penyusunan artikel ilmiah menjadi tahap awal workshop yang diselenggarakan mulai tanggal 4 sampai dengan 10 Agustus 2020. Setiap peserta dibagi berdasarkan bidang ilmu dan dipandu oleh narasumber yang sudah melakukan review draf artikel dosen.

Pada tahap kedua merupakan klinik konsultasi penulisan artikel ilmiah yang diselenggarakan mulai tanggal 14 sampai dengan 21 Agustus 2020. Hasil review narasumber yang sudah diperbaiki peserta dibahas bersama untuk disempurnakan. Diharapkan, setelah workshop artikel peserta bisa terbit pada jurnal internasional dan meningkatkan angka publikasi.