EnglishIndonesian
Scroll to top
Minggu, 19 Sep 2021,

BKD 2021, Aktivitas Dosen Sesuai MBKM Diakui

By Admin LLDIKTI Wilayah X 03 Jul 2021, 09:36:09 WIB Berita LLDIKTI
BKD 2021, Aktivitas Dosen Sesuai MBKM Diakui

Indikator kinerja dosen telihat pada Beban Kerja Dosen (BKD). Capaian ini memberikan dampak dalam meningkatkan indikator kinerja perguruan tinggi. BKD juga merupakan tonggak dari transformasi dan reformasi manajemen SDM di perguruan tinggi.

Hal itu tertuang dalam Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Perdirjen) tentang Pedoman Operasional Beban Kerja Dosen (PO BKD) Tahun 2021. Tujuannya adalah untuk mengoptimalkan peran serta seluruh pemangku kepentingan untuk mendukung transformasi dan reformasi pengelolaan pendidikan dan kebudayaan.

Demikian disampaikan Sekretaris LLDIKTI Wilayah X Yandri. A, SH, MH saat membuka acara Sosialisasi Pedoman Beban Kerja Dosen Tahun 2021 dan Pelaksanaan Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka di aula STIKes Mercubaktijaya Padang, Kamis (1/7/2021).

Baca Lainnya :

Sekretaris Lembaga mengatakan, pedoman BKD tahun 2021 ini merupakan sistem pembinaan karir dosen yang mengikuti semangat kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Dosen perlu mengetahui dan memahami bagaimana teknis pengisiannya.

“Dosen perlu memahami bagaimana teknis pengisian Beban Kerja Dosen. Ada beberapa fitur baru terkait implementasi kebijakan kampus merdeka. Seluruh aktivitas dosen yang sesuai dengan kebijakan MBKM diakui dan diatur dalam pedoman operasional BKD tahun 2021,” jelas Yandri. 

Selain itu, dalam pengembangan karir, Sekretaris Lembaga menyampaikan agar dosen STIKes Mercubaktijaya Padang melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi (doktoral) serta meningkatkan jabatan akademik.

Sementara itu, Ketua STIKes Mercubaktijaya Padang Ises Reni, M.Kep dalam sambutannya mengatakan dosen bertugas mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Tentunya perlu dievaluasi dan dilaporkan secara periodik sebagai bentuk akuntabilitas kinerja dosen kepada pemangku kepentingan.

Oleh karena itu, melalui kegiatan ini kami berharap dosen STIKes Mercubaktijaya Padang memahami teknis pengisian BKD tahun 2021. Sehingga dalam pengisian BKD nanti tidak terkendala hal apapun.

Terkait dengan kebijakan kampus merdeka, Ises menyampaikan STIKes Mercubaktijaya Padang sedang melakukan revisi standar mutu, penyesuaian kurikulum. Beberapa program MBKM sudah kami laksanakan di antaranya kampus mengajar, dan program magang dosen.

“Selain memahami teknis pengisian BKD, Ketua STIKes Mercubaktijaya Padang berharap pelatihan ini mampu menjadi kesadaran kolektif serta mampu meningkatkan level potensi dan kreatifitas dosen dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi.  Menjadi dosen unggul yang menyelaraskan beban kerja dengan kebijakan MBKM.” Tutup Ises. (*)




Tulis Komentar di Facebook

Kirim Komentar dari account Facebook

Lihat Komentar

Tulis Komentar Anda