EnglishIndonesian
Scroll to top
Minggu, 28 Nov 2021,

Perkuat Imlementasi MBKM, LLDIKTI Wilayah X Fasilitasi Kerja Sama PTS dan PTN

By Admin LLDIKTI Wilayah X 16 Nov 2021, 08:03:50 WIB Berita LLDIKTI
Perkuat Imlementasi MBKM, LLDIKTI Wilayah X Fasilitasi Kerja Sama PTS dan PTN

LLDIKTI Wilayah X memfasilitasi kerja sama Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Universitas Islam Riau, Senin (15/11/2021).

Pada kesempatan tersebut, dilakukan Penandatanganan dokumen Memory of Understanding (MoU) antara Universitas Islam Riau, Universitas Baiturrahmah, Universitas Bung Hatta, Universitas Abdurrab, Universitas Pasir Pangaraian, Politeknik Caltex Riau, Insitut Teknologi Pertanian Pelalawan, Sekolah Tinggi Teknologi Industri Padang, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indonesia dengan Universitas Andalas, Politeknik Negeri Padang, Politeknik Negeri Payakumbuh dalam rangka implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Selain itu, Kepala LLDIKTI Wilayah X Prof. Dr. Herri, MBA juga menyampaikan peluang kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Riau untuk menyukseskan program MBKM serta di bidang tridharma perguruan tinggi.

Prof. Dr. Herri, MBA dalam sambutannya mengatakan terselenggaranya kegiatan ini merupakan rahmat bagi kita semua, hadir di UIR dalam menjalin kerja sama implementasi kampus merdeka. Berbagi praktik baik dalam peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi antar perguruan tinggi dan Pemerintah Provinsi Riau.

Prof. Herri mengungkapkan 60 persen perguruan tinggi di Indonesia itu merupakan Perguruan Tinggi Swasta. Artinya, dibandingkan PTN, PTS menyumbangkan angka lulusan sumber daya manusia Indonesia tertinggi. Untuk itu, mari kita bersama PTN dan PTS bekerja keras meningkatkan mutu pendidikan tinggi dengan harapan menghasilkan lulusan terbaik.

Baca Lainnya :

Tidak hanya di perguruan tinggi, Kepala Lembaga menjelaskan bahwa Pemerintah Provinsi pun memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas lulusan perguruan tinggi. Bantuan beasiswa bagi dosen untuk studi lanjut serta memfasilitasi dosen maupun mahasiswa membangun daerah lewat program bersama.

"Prinsipnya, sharing dan caring. Perguruan tinggi bersama Pemerintah Provinsi Riau saling berbagi praktik baik dalam memajukan dan mengembangkan potensi daerah," ucap Kepala Lembaga.

Gubernur Riau yang diwakili Asisten I Setdaprov Jenri Salmon Ginting mengatakan Pemprov Riau mendukung dan siap bekerja sama dengan berbagai elemen terutama perguruan tinggi dalam mewujudkan sumber daya unggul berdaya saing.

"Kerja sama ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia, melahirkan program terbaik yang bermanfaat bagi masyarakat. Mari kita sukseskan program kerja sama ini. Sendiri kita tak akan kuat, bersama kita menjadi hebat," kata Jenri.

Sementara itu, tuan rumah penandatangan MoU MBKM, Rektor Universitas Islam Riau Prof. Dr. Syafrinaldi, , SH, MCL mengajak pimpinan perguruan tinggi bersama-sama menindaklanjuti kerja sama implementasi MBKM.

"UIR sangat menharapkan kerja sama ini ditindaklanjuti dengan baik. Tidak sebatas parade tanda tangan. Kita saksikan bersama dan kita realisasikan bersama progaram Merdeka Belajar Kampus Merdeka," ucap Rektor.

Prof. Dr. Ir. Musliar Kasim, MS mewakili pimpinan PTS menyebutkan kerja sama itu suatu keniscayaan. Tanpa kolaborasi, mustahil dilaksanakan.

"Kita sedang membuat sejarah. Hari ini, PTN melaksanakan MoU dengan PTS. Kita semua sepakat menghasilkan yang terbaik melalui kerja sama antar perguruan tinggi dan lintas program studi. Kerja sama itu suatu keniscayaan. Tanpa kolaborasi, mustahil dilaksanakan," ucap mantan Wamendikbud Prof. Musliar.

Menanggapi hal itu, Rektor Universitas Andalas diwakili Wakil Rektor I Prof. Dr. Mansyurdin menyambut baik kerja sama antar perguruan tinggi yang difasilitasi LLDIKTI Wilayah X.

"Suatu kehormatan bagi Universitas Andalas hadir bersama PTN dan PTS dalam rangka kerja sama implementasi program MBKM di Universitas Islam Riau. Mari kita bersama, berkolaborasi dan berkiprah dalam tridharma perguruan tinggi serta membangun jejaring riset," ucap Prof. Mansyurdin.

Turut memberi sambutan, Ketua Aptisi Wilayah X A  Drs. Zulfa Eff Uli Ras, M.Pd. Menurutnya, kerja sama yang baik akan menghasilkan kualitas tridharma perguruan tinggi yang baik. Berbagai hasil penelitian dan pengabdian yang berkualitas semakin bermanfaat bagi masyarakat. (*)




Tulis Komentar di Facebook

Kirim Komentar dari account Facebook

Lihat Komentar

Tulis Komentar Anda